Apa itu variabel dalam bahasa C?
Variabel dalam bahasa C adalah sebuah nama yang diberikan kepada sebuah lokasi penyimpanan dalam memory yang dapat dimanipulasi.
Analogi yang akan saya gunakan untuk menjelaskan ini adalah sebagai berikut
Anda bisa membayangkan sebuah gudang penyimpanan yang besar. Anda kemudian memasukkan sebuah kotak yang didesain dengan bentuk dan ukuran tertentu sehingga hanya bisa menampung benda ukuran tertentu ke dalam gudang tersebut. Lokasi tempat meletakkan kotak tersebut kemudian ditandai dengan diberi nama, misalnya 'buah'. Selanjutnya anda menisi kitak tersebut dengan buah 'jeruk'. Dalam kasus ini, berarti anda sudah memiliki sebuah variabel yang diberi nama 'buah' dan isi variabel tersebut adalah 'jeruk'. bayangkan bentuk desain kotak yang digunakan khusus untuk menampung buah ukuran kecil seperti jeruk. Dengan demikian tentu anda tidak bisa meletakkan buah nangka atau ikan (bukan buah) atau benda lain selain jerukatau buah buahan kecil. Untuk analogi ini, berarti tipe data adalah :tipe buah kecil, sehingga hanya bisa menampung buah kecil sepert jeruk. Jika meletakkan tipe buah /data lain akan menghasilkan kesalahan. Dalam bahasa pemrograman, ini disebut 'overflow' artinya 'melebihi daya tampung'.
Kesimpulan :
Analogi yang akan saya gunakan untuk menjelaskan ini adalah sebagai berikut
Anda bisa membayangkan sebuah gudang penyimpanan yang besar. Anda kemudian memasukkan sebuah kotak yang didesain dengan bentuk dan ukuran tertentu sehingga hanya bisa menampung benda ukuran tertentu ke dalam gudang tersebut. Lokasi tempat meletakkan kotak tersebut kemudian ditandai dengan diberi nama, misalnya 'buah'. Selanjutnya anda menisi kitak tersebut dengan buah 'jeruk'. Dalam kasus ini, berarti anda sudah memiliki sebuah variabel yang diberi nama 'buah' dan isi variabel tersebut adalah 'jeruk'. bayangkan bentuk desain kotak yang digunakan khusus untuk menampung buah ukuran kecil seperti jeruk. Dengan demikian tentu anda tidak bisa meletakkan buah nangka atau ikan (bukan buah) atau benda lain selain jerukatau buah buahan kecil. Untuk analogi ini, berarti tipe data adalah :tipe buah kecil, sehingga hanya bisa menampung buah kecil sepert jeruk. Jika meletakkan tipe buah /data lain akan menghasilkan kesalahan. Dalam bahasa pemrograman, ini disebut 'overflow' artinya 'melebihi daya tampung'.
Kesimpulan :
Tipe data: buah kecil
Nama Variabel: buah
Isi variabel: jeruk
sekarang coba perhatikan contoh berikut ini
Tipe Data : char
Nama variabel : jumlahSaudara
Isi : 5
Tipe Data : Int
Nama variabel : beratDalamGram
Isi : 5000
Menurut anda apa yang salah dalam contoh di bawah ini?
Tipe Data : char
Nama variabel : jumlahKalori
Isi : 479
Clue : Bisakah anda meletakkan sebuah lemari pakaian dalam sebuah kotak yang didesain untuk menampung 100 bh kelereng kecil?
Bagaimana cara membuat variabel? perhatikan contoh dibawah ini?
/* =======================================
* Contoh membuat dan menggunakan variabel
* Created by: Sastrawan
* Topik : Deklarasi variabel
* ========================================
*/
#include<stdio.h>
int main( int argc, char *argv[])
{
char jumlahSaudara ; // Menyediakan sebuah lokasi di memory
// (yang hanya bisa menampung char)
// yang diberi nama jumlahSaudara
jumlahSaudara = 5 ; // Menginisialiasi atau mengisi
// lokasi tersebut dengan angka 5
int beratDalamGram ; // Menyediakan sebuah lokasi di
// memory (yang hanya bisa menampung integer)
// yang diberi nama beratDalamGram
beratDalamGram = 5000 ; // Menginisialiasi atau mengisi
// lokasi tersebut dengan angka 5000
printf("Jumlah Saudara adalah %d orang \n", jumlahSaudara);
printf("Berat waktu lahir adalah : %d gram", beratDalamGram);
return 0 ;
}
Hasilnya :
Jumlah Saudara adalah 5 orang
Berat waktu lahir adalah : 5000 gram
Penjelasan :
Ingat lagi analogi di atas. Anda meletakkan kotak kosong terlebih dahulu ke dalam gudang penyimpanan, kemudian anda mengisi jeruk ke dalam kotak tersebut
Program dimulai dengan membuat / mendeklarasi variabel dilanjutnkan dengan mengisi variabel tersebut. Selanjutnya variabel yang sudah diisi tersebut dipanggil atau ditampilkan kembali dengan penggunakan perintah printf dengan menggunakan placeholder %d
%d adalah sebuah tempat (placeholder)yang disediakan untuk menulis apapun ini dari variabel yang ditulis setelah tanda koma. Tanda %d adalah placeholder untuk menuliskan data bertipe integer. Placeholder untuk tipe lain akan dibahas pada saat digunakan dalam contoh di artikel lain.
Untuk mempercepat penulisan, deklarasi varibel dapat langsung diikuti dengan inisiasi atau pengisian langsung. Demikian juga untuk variabel yang bertipe sama dapat ditulis dalam satu baris saja dengan dipisahkan koma. Perhatikan contoh berikut ini
char jumlahSaudara = 5;
int beratDalamGram = 5000;
char jumlahSaudara,jumlahKakak,jumlahAdik;
jumlahSaudara = 5;
jumlahKakak = 1 ;
jumlahAdik = 3 ;
atau
char jumlahSaudara=5, jumlahKakak=1, jumlahAdik = 3;
contoh dalam program:
/* =======================================
* Contoh membuat dan menggunakan variabel
* Created by: Sastrawan
* Topik : Deklarasi dan inisiasi variabel
* ========================================
*/
#include<stdio.h>
int main( int argc, char *argv[])
{
char jumlahSaudara =5 ; // Menyediakan sebuah
// lokasi di memory (yang
// hanya bisa menampung char)
// yang diberi nama
// jumlahSaudara dan
// menginisiasinya.
int beratDalamGram = 5000 ; // Menyediakan sebuah
// lokasi di memory (yang
// hanya bisa
//menampung integer)
// yang diberi nama beratDalamGram dan menginisiasinya
printf("Jumlah Saudara adalah %d orang \n", jumlahSaudara);
printf("Berat waktu lahir adalah : %d gram", beratDalamGram);
return 0 ;
}
Penjelasan:
Sama seperti penjelasan program di atas, hanya saja kali ini anda meletakkan kotak dan jeruk secara bersamaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Write your comment here