Cari Blog Ini

Senin, Januari 04, 2010

Instalasi PDF Printer pada Linux

Saya baru saja menginstall cups-pdf melalui synaptic package manager. Tapi setelah dicoba ternyata tidak bekerja (pada ubuntu 9.04). Seperti biasa pertanyaan muncul dalam benak saya, mengapa ?? jawabannya silahkan baca berikut ini


Sebelum saya mencari diinternet, saya merasa tertantang untuk menyelesaikan masalah ini sendiri. Langkah pertama adalah mencari file log yang ada di /var/log/cups/cups-pdf_log

Untuk melihatnya saya tulis
# sudo gedit /var/log/cups/cups-pdf_log
pesannya :
Sun Jan 3 08:03:31 2010 [ERROR] failed to create directory (/home/sastrawan/PDF)
Jelas bahwa masalahnya adalah tidak ada folder yang dipakai sebagai default output

untuk menyakinkan diri saya tentang hal ini saya membuka konfigurasi cups-pdf dan ternyata ada di /etc/cups/cups-pdf.conf

langsung ditampilkan dengan
#sudo gedit /etc/cups/cups-pdf

berikut ini adalah potongan dari isi file tersebut yang menjadi perhatian

### Key: Out
## CUPS-PDF output directory
## special qualifiers:
## ${HOME} will be expanded to the user's home directory
## ${USER} will be expanded to the user name
## in case it is an NFS export make sure it is exported without
## root_squash!
### Default: /var/spool/cups-pdf/${USER}

Out ${HOME}/PDF

Dapat dilihat bahwa hasil pencetakan pdf ditempatkan di /home/namauser/PDF

Saya langsung mendapat clue jawaban dari permasalahan tersebut. Ternyata folder PDF belum ada di /home. Oleh karena itu saya buat lagi secara manual (sambil mentertawakan 'kebodohan' tersebut).
Setelah selesai saya mencetak lagi ke PDF dan dengan tidak sabar membuka folder PDF yang ternyata kosong. Artinya file belum berhasil dibuat. Kali ini tertawa saya terhenti dan berganti dengan dahi yang berkerut plus rasa penasaran yang semakin besar.
OK, saya fikir saya harus membuka google yang kemudian menemukan forum pada website https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/cups-pdf/+bug/295318
Sebelumnya saya juga menemukan beberapa orang dapat mengatasi masalah hanya dengan membuat folder PDF. Sayang sekali dalam kasus saya, hal itu tidak menyelesaikan masalah meskipun permission untuk folder PDF sudah diganti menjadi 777 (lihat posting saya mengenai penggantian permission)

Dari forum tersebut saya mengetahui bahwa memang instalasi cups-pdf tidak secara otomatis membuat folder untuk outputnya (ahhhh...) sehingga harus dibuat manual. Karena saya sudah mencoba hal tersebut maka saya abaikan saja. kemudian saya mendapatkan clue lain yang tampaknya cukup bagus
1. hapus folder yang sudah dibuat

2. matikan sevice apparmor dengan cara

# sudo /etc/init.d/apparmor stop

3. Cetak lagi dengan PDF printer
dan sim salabim, folder PDF tercipta dengan sendirinya lengkap dengan hasil PDF yang diinginkan. Wahhh...(andai saja saya mengetahui hal ini sebelumnya.. !)

Menurut informasi, bug ini telah diperbaiki di ubuntu versi 9.10 ( Karmic Koala )

Sekarang saya kembali ke langkah awal untuk memodifikasi folder PDF menjadi PDF_Print. Dengan mengedit file /etc/cups/cups-pdf.conf dan mengganti out ke folder yang diinginkan serta melakukan printing, masalah sudah teratasi..

Sekali lagi saya mendapat kepuasan memecahkan masalah yang ada. Kepuasan seperti ini tidak pernah saya dapatkan selama menggunakan windoze !

Catatan : Jika komputer anda di restart dan anda akan menggunakan pdf printing lagi, maka anda sekali lagi harus menggunakan perintah
# sudo /etc/init.d/apparmor stop
untuk mematikan. Sedangkan untuk menghidupkan kembali service ini anda tinggal mengganti kata stop menjadi start
# sudo /etc/init.d/apparmor start

Terima kasih komunitas Linux sedunia !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comment here

Meninjau Kriteria inklusi dan eksklusi dalam pengambilan sampel untuk penelitian.

Menentukan kriteria inklusi dan atau ekslusi dalam penelitian seringkali menjadi permasalahan tersendiri, terutama bagi para mahasiswa yan...