Senin, Juni 15, 2015

Programming in C - Part 2: Halo dunia !

Setiap orang yang mulai belajar bahasa pemrograman biasanya akan melalui tahap pertama: Hello World !. Ini yang akan kita lakukan pada sesi ini.
Pertama pastikan anda memiliki teks editor (misalnya: notepad (windows), geany, gedit(linux)) atau apapun yang biasa anda gunakan untuk membuat file teks sederhana. Saya mengasumsikan anda sudah memiliki compiler C dalam komputer anda. Jika belum silahkan digoogle dulu.

Sekarang silahkan ketik bagian program di bawah ini. Ingat, diketik !, bukan copy paste. Mengapa ?... anda akan segera tahu seiring berjalannya waktu.


/*  Halo Dunia
 *  Created By Sastrawan
 *
 *  Contoh pertama penggunaan bahasa C
 */

#include<stdio.h>

int main(int argc, char *argv[])
{
    printf("Halo dunia ! ");
    return 0 ;
}


Penjelasan:



Potongan program ini hanya mempunya tugas sederhana yaitu mencetak tulisan "Halo Dunia" diatas layar komputer.

Semua yang berada diantara /* dan */ adalah blok komentar atau catatan. Artinya blok ini hanya menjadi catatan bagi programmer atau orang lain yang akan membuka source code yang anda buat.
Mengapa perlu komentar? karena anda mungkin akan lupa pada masa yang akan datang tentang program ini. Atau bisa jadi catatan akan memudahkan orang lain memahami program anda. Intinya bahwa komentar akan memudahkan hidup kita dimasa yang akan datang.

Bisakah anda menentukan mana yang merupakan blok komentar dari potongan program ini ?

Penjelasan tentang : #include<stdio.h>

Bayangkan anda akan melakukan suatu pekerjaan yang membutuhkan peralatan, misalnya palu. Anda juga ingat bahwa palu itu anda letakkan dalam toolbox. Tentu anda memiliki banyak alat lain dan diletakkan dalam beberapa toolbox. Untuk memudahkan mencari, maka anda memberikan nama tertentu pada toolbox tersebut. Ketika anda membutuhkan suatu alat, maka terlebih dahulu anda harus mengambil toolboxnya dulu dengan menggunakan kata kunci #include
dalam potongan program di atas, anda menggunakan 'alat' yang disebut 'printf' yang ada dalam toolbox yang diberi nama 'stdio.h'. Oleh karenanya untuk menggunakan 'printf' anda harus meng'include' dulu stdio.h dengan cara menuliskan

#include<stdio.h>

Selanjutnya dalam konteks bahasa pemrograman, toolbox itu dikenal dengan nama 'library' dan 'alat' dikenal dengan nama 'fungsi'
Jadi dapat disimpulkan bahwa library adalah kumpulan dari berbagai fungsi yang dapat digunakan pada saat pemrograman

Penjelasan tentang : int main(int argc, char *argv[])

'Main' adalah prosedur utama dalam program C. Ini adalah tempat dimana program mulai dieksekusi. Semua prosedur atau fungsi lain dalam suatu program akan selalu dipanggil dari 'Main' ini.
Kata kunci 'int' di depan 'Main' adalah singkatan dari 'Integer' atau bilangan bulat. Ini berarti bahwa prosedur 'Main' akan menghasilkan suatu bilangan atau integer.
Untuk sementara, ekspresi dalam tanda kurung (int argc, char *argv[]) akan dijelaskan dalam bahasan tersendiri. Untuk saat ini anda cukup mengetahui bahwa 'argc' adalah 'argumen count' atau banyaknya argumen yang diberikan kepada program dalam bentuk bilangan bulat, dan 'argv' adalah argumen value, yaitu nilai dari argumen yang diberikan

Tanda kurung kurawal ( { } )  menandai batas isi prosedur.Semua yang ada dalam tanda kurung kurawal adalah rangkaian perintah yang berada dalam suatu prosedur/fungsi yang namanya ada pada baris paling atas. Dalam hal ini namanya adalah 'Main'

Penjelasan tentang printf("Halo dunia ! ");

Ini adalah tugas pokok dalam potongan program tersebut di atas. Printf akan mencetak semua argumen yang terletak sesudahnya (di dalam kurung). Jadi
printf("Ini adalah argumen") ;  akan mencetak "Ini adalah argumen" (tanpa tanda kutip) di layar.
Jika anda perhatikan bahwa di akhir perintah 'printf' ada tanda titik koma (;). Ini adalah 'kewajiban' yang harus dilakukan pada setiap perintah bahasa C. Titik koma ini membatasi perintah yang satu dengan yang lain dan bukan tanda akhir baris. Jadi anda dapat menulis beberapa perintah dalam satu baris program dengan menggunakan titik koma sebagai pembatas.

contoh :

printf("Satu") ; printf("Dua") ; printf("Tiga") ;

akan menghasilkan :
SatuDuaTiga.

Penjelasan tentang return 0;
perintah ini sebenarnya adalah untuk membantu programmer (juga pengguna ) untuk memastikan status program. Bila program dijalankan dengan sukses, maka baris terakhir yang dieksekusi adalah return 0, sehingga untuk melihat apakah program dijalankan dengan lengkap kita bisa melihat nilai keluarannya, yaitu 0. Jika bukan 0 berarti ada kesalahan di suatu tempat.
Ingat bahwa 'main', dalam program ini diharapkan akan menghasilkan sebuat INT. Return 0 memberikan nilai balikan berupa integer yaitu 0.

Quizz

Apakah yang akan dihasilkan oleh program ini ?

/*
 *  Latihan
 */

#include<stdio.h>

int main(int argc, char *argv[])
{
    printf("Belajar C itu mudah dan menyenangkan ");
    return 0 ;
}

Sampai saat ini anda sudah memahami konsep yang paling dasar dari sebuah pemrograman. Silahkan cek lagi tulisan lain di blog www.sastrawanmha.blogspot.com untuk informasi yang lebih lengkap.

0 comments:

Posting Komentar

Write your comment here