Rabu, Juni 17, 2015

Programming in C - Part 3: Tipe Data dalam Bahasa C

Setiap data yang disimpan dalam memory komputer disimpan dengan ukuran dan cara berbeda sesuai dengan tipenya. Memahami tipe data dengan baik akan membantu kita membuat program yang lebih efisien dan mengurangi kesalahan pada saat pembuatan program.
Dalam bahasa C, ada beberapa tipe data sbb

Basic : Tipe ini adalah data numerik yaitu Integer atau bilangan bulat dan Floating, yaitu bilangan pecahan. Tipe ini yang akan paling banyak kita gunakan dalam latihan-latihan sederhana. Bahasa C memperlakukan bilangan bulat dan pecahan secara berbeda.
Void : Tipe ini sebenarnya sebuah sebutan untuk data yang tidak ada. Sebuah fungsi yang ditandai dengan 'Void' berarti fungsi tersebut tidak memberikan nilai apapun. Kita akan membahasa fungsi pada bahasan lainnya.

Derived : Tipe ini meliputi pointer, array, structure, union, dan function. Insya Allah kita akan menggunakan tipe ini pada bahasan tingkat lanjut.

Ada satu lagi tipe yang disebut Enumerated, yaitu tipe aritmatik untuk keperluan khusus.

Tipe Integer dibagi lagi menjadi beberapa yaitu: char, int, short, long. Pembagian ini sebenarnya adalah berdasarkan ukuran penyimpanan yaitu masing-masing: 1 byte, 2 atau 4 byte (tergantung flatform), 2 byte, dan 4 byte.
Masing-masing jenis dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu signed dan unsigned.
Contoh:
tipe data char dapat menampung bilangan bulat sepanjang 1 byte. dalam bahasa sederhana tipe char dapat menampung angka dari 0 - 255 (unsigned), atau -128 s/d 127 (signed). Ingat signed berarti mengandung bilangan negatif (minus). jadi jika anda akan membuat suatu data yang hanya akan mengandung angka 0-255 anda dapat menggunakan tipe data char agar lebih efisien.

tipe int : -32.768 - 32.767     atau  2.147.483.648 s/d  2.147.483.647
tipe long : -2.147.483.648 s/d  2.147.483.647

Tipe  Floating:
tipe float ini dibagi menjadi 3 berdasarkan banyaknya angka di belakang koma (desimal) yang dapat ditampung yaitu : float ( 6 desimal), double (15 desimal), dan long double (19 desimal). Panjang penyimpanannya dalam memory masing-masing 4 byte, 8 byte, dan 10 byte.

Anda bisa memilih salah satu tipe data tergantung seberapa besar ketepatan yang anda inginkan.
Karena banyak artikel mengenai ini maka saya hanya membahas sampai disini saja. Selanjutnya anda dapat mencari sendiri di google mengenai hal ini.

0 comments:

Posting Komentar

Write your comment here