Senin, Juni 15, 2015

Programming in C - Part 1 : Pengantar.

Artikel ini adalah bagian pertama dari seri belajar bahasa pemrograman C mulai dari NOL. Ada beberapa hal yang menyebabkan saya membuat artikel pemrograman dalam bahasa C.
  • Bahasa C adalah bahasa yang sudah sangat berumur. Banyak sekali bahasa yang lebih modern dan lebih mudah dipelajari sekarang ini. Tetapi perlu diingat bahwa kebanyakan dari bahasa modern itu justru dikembangkan dalam bahasa C dan tumbuh dengan dasar bahasa C. Jadi alangkah baiknya kalau kita juga dapat menguasai 'isi dalam' dari sebuah program. 
  • Meskipun banyak bahasa baru, sampai saat ini bahasa C adalah yang paling 'sakti' dan paling cepat. Belum ada yang dapat menandingi kecepatan C saat ini. Pembuatan perangkat lunak dalam skala besar pasti akan menjadikan pertimbangan kecepatan dalam pembuatannya  Belajar bahasa C adalah seperti belajar bahasa Latin yang merupakan akar dari banyak bahasa terutama bahasa inggris. Jadi menguasai bahasa latin akan memudahkan menguasai bahasa lainnya. Dalam kenyataannya, belajar bahasa C akan sangat memudahkan belajar bahasa lain yang dikembangkan dari bahasa C itu sendiri seperti C++, C#, Python, PHP, Java, Javascript dll. Bahasa C memberikan kebebasan yang sangat luas. Sedemikian besarnya kebebasan dan kekuatan bahasa C, jika tidak dilakukan dengan hati-hati dapat merugikan diri sendiri.
  • Masih banyak alasan lain yang dapat dikemukan. Tetapi untuk saat ini sebagai pendahuluan, cukup bagi kita semua untuk mengetahui bahwa menggunakan bahasa C adalah seperti menggunakan pisau bermata dua yang sangat tajam, atau seperti mengendarai mobil Porche tanpa rim. Kuat, Berbahaya, dan sangat menantang !.
Banyak orang mengatakan bahwa bahasa C bukan bahasa ideal untuk seorang pemula. Saya setuju, dan kalau harus memilih, saya menyarankan anda untuk mempelajari bahasa Pyhton terlebih dahulu. Python akan membuka wawasan pemrograman anda dengan mudah, cepat dan resiko minimal. Barulah setelah anda menguasai Python anda dapat kembali melanjutkan mempelajari bahasa C.

Selamat Belajar. Ingat Google adalah teman baik anda saat belajar !

0 comments:

Posting Komentar

Write your comment here