Kamis, Februari 27, 2014

Tips on coding


Pengolahan data dengan spreadsheet memang sangat membantu. Namun demikian perencanaan yang baik mulai sejak entry data ke dalam spreadsheet ( worksheet) akan membantu meningkatkan efisiensi dan efektifitas. Salah satu hal penting dalam perencanaan entry data adalah penggunaan Kode yang baik. Tentu saja anda bebas untuk memilih kode apapun sesuai keinginan anda namun kode yang kurang baik justru akan merepotkan pada saat pengolahan data. Beberapa keuntungan penggunaan kode antara lain:

  • Menghemat waktu pengetikan 
  • Mengurangi resiko kesalahan ketik 
  • Menjaga konsistensi data Mudah dalam pengolahan lebih lanjut. dan masih banyak lagi keuntungan keuntungannya. 
Yang pasti adalah bahwa penggunaan kode yang baik akan membuat hidup anda lebih mudah ;-) Dalam kaitannya dengan penggunaan worksheet, penggunaan kode perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Informative. Artinya bahwa sejauh mungkin kode tersebut dapat memberikan gambaran secara intuitive isi dari kode. Contoh kode L untuk Laki laki dan P untuk Perempuan. 
  • Singkat dan padat. Penggunaan kode yang terlalu  panjang sama saja dengan tidak menggunaan kode sama sekali. Jauh lebih baik memilih kode yang singkat tapi bermakna. Coba anda perhatikan apakah ada bedanya jika memberikan kode LK untuk laki atau PR untuk perempuan ?
  • Mudah dihapal dan bersifat logis secara universal. Contoh kode 'merah' untuk hal hal yang berbahaya atau tidak boleh dilakukan, dan kode hijau untuk sebaliknya. Contoh lainnya : ketika anda berbicara tentang jenis kelamin, maka semua orang akan tahu jika anda menuliskan P berarti perempuan.
  • Perlu diingat bahwa komputer sangat peka dengan perbedaan sekecil apapun Sesuatu yang kelihatannya sama bisa jadi sebenarnya adalah berbeda karena adanya karakter yang tidak terlihat seperti karakter spasi sebelum dan atau sesudah kode
  • Laki Berbeda dengan Laki laki dan berbeda dengan Laki-Laki
Untuk lebih jelasnya silahkan klik video dibawah ini

0 comments:

Posting Komentar

Write your comment here