Minggu, September 21, 2014

Mail merge di Libre Office Writer tidak bisa menggunakan data dari Calc atau sumber lain ?


Bagi anda yang tergolong medium-Advance, pasti pernah menggunakan fasilitas mail merge dalam pekerjaan sehari-hari. Libre office memiliki fungsi ini dan tergolong cukup lengkap. Anda bisa menggunakan sumber data lain (selain address list standar) untuk membuat surat atau dokumen yang sesuai dengan kebutuhan anda. Data lain tersebut bisa berasal dari Spreadsheet, MySQL dll.
Saya tidak akan membahas tentang cara membuat mail merge karena tutorial tentang ini sudah banyak sekali. Silahkan digoogle saja jika anda ingin mempelajari caranya. Disini saya akan menjelaskan hal-hal yang sering saya temui ketika akan membuat mail merge.



1. Ketika insert - field - Others, pilih tab Database, tapi anda tidak bisa memilih field yang diinginkan, bahkan ketika klik nama databasenya, tanda segitiga di sebelah kiri nama tersebut hilang dan tidak ada reaksi lain.
2. Klik File - Wizard, (anda sedang mencari 'address data source' tapi tidak ada ). Dengan kata lain anda tidak bisa melakukan registrasi database

Kedua hal ini cukup membuat anda terhenti karena tidak mungkin untuk membuat mail merge yang dimodifikasi sesuai keinginan jika salah satu dari kedua hal itu terjadi.

Untungnya adalah bahwa kedua permasalahan itu terjadi karena komponen yang bertanggung jawab untuk itu, yaitu libre office Base, belum terinstall. Pada distro Ubuntu yang saya gunakan, libre office memang terinstall secara default pada saat melakukan instalasi Ubuntu. Sayangnya Libre office yang diinstal itu hanya  Writer, Calc, dan Impress. Sedangkan Base tidak diinstall secara default. Memang benar dengan ketiga software default itu sudah dapat memenuhi kebutuhan lebih dari sekitar 90 % bagi pengguna rata-rata. Akan tetapi bagi pengguna advance, kemampuan untuk pengelolaan database tentu sangat dibutuhkan.

Saya sendiri selama ini lebih senang menggunakan MySQL dari pada database bawaan dari Libreoffice sendiri mengingat sebagian besar pekerjaan saya memang menggunakan MySQL Server. Namun demikian bukan berarti database Libreoffice kurang baik, saya tetap yakin produk ini tetap memiliki keunggulan.

Langsung ke kesimpulan : Silahkan Install Libre Office Base jika ingin 'bermain' dengan data base. Ini juga akan memudahkan registrasi database dari berbagai format, termasuk csv, untuk dapat digunakan secara bersama-sama dalam setiap aplikasi Libre Office.

0 comments:

Posting Komentar

Write your comment here