Cari Blog Ini

Jumat, Desember 18, 2009

Linux dan HP Smart untuk akses internet

Beberapa waktu lalu saya mengirimi customer service SMART untuk menanyakan apakah modem yang dikeluarkan SMART dalam paket penjualan internet unlimited tersebut dapat digunakan di linux. Jawabannya cukup jelas dan lugas bahwa SMART hanya bisa dipakai di Windows. Sungguh mengecewakan memang. Saya langsung membalas e-mail tersebut dan mengatakan bahwa dia baru saja kehilangan 'minimal' satu calon pelanggan potensial. Setidaknya calon pelanggan tersebut adalah saya sendiri dan (mungkin) juga teman-teman, mahasiswa saya yang juga mulai menggunakan linux. Saya juga ingin menganjurkan bagi anda pecinta linux untuk memberikan feedback kepada vendor hardware yang tidak linux-friendly.


Sejujurnya saya tidak terlalu percaya dengan penjelasan customer service tadi karena saya tahu bahwa saat ini linux sudah dapat mengenali hampir semua hardware yang ada. Namun demikian tentunya dibutuhkan sedikit usaha dan kreativitas. Untuk para penggemar linux, upaya ini seringkali diistilahkan 'mengoprek'. Untuk dapat mengoprek tersebut, saya, seperti biasa, bertanya kepada om google. Ternyata sudah banyak yang menggunakan SMART pada berbagai distro linux. Nah... terbukti sudah bahwa para pengguna linux memang sangat kreativ. Hardware yang secara official tidak mendukung linux pun dapat digunakan dengan mulus dilinux. Langkah yang dilakukanpun sebetulnya langkah sederhana dengan beberapa baris perintah. Perlu diakui bahwa bagi kebanyakan pemula linux atau calon pengguna linux ini biasanya sangat menakutkan. Padahal dibalik itu semua tersimpan kekuatan dan keuntungan yang sangat besar.

Kembali ke topik. Untuk membuktikan bahwa linux memang dapat menggunakan smart, saya meminjam modem smart teman saya. Dalam hitungan menit, saya berhasil membuat modem itu 'dial up'. Artinya tidak ada masalah. Dari forum-forum linux diketahui bahwa tipe-tipe modem smart tertentu memiliki bug yang konyol, yaitu harus dipancing dengan windows dulu baru dapat digunakan di linux. Lucu memang. Untung saja pengguna linux yang lain menemukan jalan keluar untuk masalah ini. Untuk lebih jelasnya silahkan cari di google.

Pesan yang ingin saya sampaikan adalah bahwa linux adalah OS yang sangat handal dan dapat meningkatkan kreativitas pemakainya. Hardware umumnya dapat dikenali dengan baik. Pada posting berikutnya saya akan akan tunjukkan cara mudah memanfaatkan handphone MyG 818 (buatan Cina) menjadi Modem dengan koneksi bluetooh pada Linux ubuntu. Keren kan ?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comment here

Meninjau Kriteria inklusi dan eksklusi dalam pengambilan sampel untuk penelitian.

Menentukan kriteria inklusi dan atau ekslusi dalam penelitian seringkali menjadi permasalahan tersendiri, terutama bagi para mahasiswa yan...